Tips Mencegah dan Cara Mengatasi Sakit Gigi Yang Menyiksa

33 views

Cara Mengatasi Sakit Gigi Sakit gigi atau nyeri pada gigi disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi dan rahang. Penyebab utama sakit gigi adalah kerusakan pada gigi yang menyebabkan gigi berlubang (karies). Bakteri yang hidup di mulut berkembang biak pada gula dan zat tepung dalam makanan yang kita makan. Apabila tidak dibersihkan bakteri ini membentuk plak lengket yang menempel di permukaan gigi dan menghasilkan asam.

Asam yang diproduksi oleh bakteri dalam plak dapat merusak bagian luar gigi (email/enamel), dan menciptakan sebuah rongga. Tanda pertama dari kerusakan gigi (pulpitis) adalah sensasi rasa sakit/ngilu ketika kita makan sesuatu yang manis, sangat dingin atau sangat panas.

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Kadang-kadang, sakit gigi disebabkan oleh masalah yang tidak berasal dari gigi atau rahang. Sakit di sekitar gigi dan rahang dapat merupakan gejala penyakit jantung (seperti angina pektoris atau serangan jantung ), penyakit telinga (seperti infeksi telinga luar atau bagian dalam), dan sinusitis (infeksi pada sinus/rongga udara pada bagian tulang pipi).

Biasanya ketika kita mengalami sakit gigi hal pertama yang kita lakukan adalah mencari obat sakit gigi, namun sebenarnya banyak yang dapat kita lakukan untuk mengatasi sakit gigi maupun untuk mencegah terjadinya sakit gigi.

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah dan cara mengatasi sakit gigi :

Cara mencegah sakit gigi :

  • Hindari gigi berlubang (karies) dengan mengurangi asupan makanan dan minuman yang manis dan lengket.
  • Sikat gigi minimal dua kali sehari yaitu sesudah sarapan dan sebelum tidur dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Untuk mendapatkan manfaat besar dari fluoride, jangan terlalu banyak membilas/kumur-kumur setelah menyikat gigi.
  • Bersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss/benang gigi.
  • Periksa gigi ke dokter gigi secara teratur 6 bulan sekali. agar masalah gigi dapat segera diketahui dan pengobatan akan lebih mudah.

Cara mengatasi sakit gigi :

  • Bilas mulut dengan air hangat, atau kumur-kumur dengan air asin panas (satu sendok teh garam untuk secangkir air) , tindakan ini juga dapat meredakan infeksi jika terjadi abses/bisul gigi.
  • Hindari rangsangan panas, dingin atau manis, ini akan membantu mencegah rasa sakit/ngilu akibat dari pulpitis.
  • Jika sakit disebabkan oleh iritasi pada permukaan gigi bisa menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif.
  • Jika sakit berkepanjangan dan bertambah parah, bisa menggunakan obat penghilang rasa sakit/anti radang seperti ibuprofen, asam mefenamat atau aspirin.
  • Gunakan obat sakit gigi tradisional misalnya minyak cengkeh (eugenol) dioles secara langsung pada gigi yang sakit, dan jangan menggunakan aspirin atau obat penghilang rasa sakit lain secara langsung pada gigi/ gusi karena dapat membakar jaringan gusi.
  • Kunjungi dokter gigi sesegera mungkin agar penyebab sakit gigi bisa segera diatasi.

Itulah beberapa tips untuk mencegah beserta cara mengatasi sakit gigi yang bisa anda lakukan. Jagalah selalu kesehatan gigi anda. OK! Semoga bermanfaat.