Ciri-ciri Wanita Hamil Muda Sebagai Tanda Calon Ibu

46 views

Bagaimana tanda-tanda dan ciri-ciri wanita hamil muda? Hal inilah yang seringkali ditanyakan oleh calon ibu, baik pada dokter atau pun bidan yang menjadi tempatnya berkonsultasi untuk memperoleh buah hati yang diinginkannya. Tak lupa mereka juga biasanya bertanya bagaimana cara agar cepat hamil. Tapi banyak juga wanita yang belum bersuami mengecek kehamilan tentang dirinya atau hanya sekedar ingin tahu saja.

Ciri-ciri Wanita Hamil Muda

Kebanyakan wanita yang belum bersuami mencari informasi tentang tanda dan ciri ciri wanita hamil muda karena salah bergaul dan melakukan sebelum resmi. Karena takut ketahuan orang lain jadi secepat mungkin ia ingin mengetahui apakah dirinya sudah hamil apa belum. Sekarang ini hanya dengan sebuah handphone saja bisa mencari info seputar ciri hamil muda lewat mesin pencari seperti google atau mesin pencari yang lainnya.

Merupakan kebahagiaan tersendiri jika pasangan baru mengetahui pasangan wanitanya sedang mendapatkan tanda tanda awal kehamilan. Beberapa tanda atau pun “ciri-ciri wanita hamil” memiliki dasar yang ditunjukan oleh seorang perempuan ketika hamil muda diantaranya adalah :

  • Membengkak Dadanya

Ciri-ciri wanita hamil muda yang pertama adalah terjadinya pembengkakan di bagian dada. Tanda yang satu ini biasanya terjadi pada calon ibu yang memang tidak menggunakan KB sebelumnya, yang mana pada bagian dadanya tersebut akan terasa nyeri dan juga kesemutan. Selain itu dada sang ibu juga akan berubah ukuran menjadi lebih besar karena mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI, dengan bagian aerolanya yang juga turut berubah color atau warnyanya menjadi lebih gelap. Juga jika dipegang akan terasa sensitive dan terasa sakit. Dengan kasat mata pun akan terlihat dari luar pakaian jika dada anda mengalami pembesaran. Dengan melihat tanda berikut bisa disimpulkan bahwa anda mungkin saja sedang hamil muda.

  • Bentuk Tubuh

Pada ibu hamil, bagian perut yang biasanya rata tentu akan berubah menjadi lebih besar karena adanya bayi di dalam perut tersebut. Akan tetapi, selain bagian tersebut pada bagian lain dari tubuhnya pun akan ikut membengkak. Seperti halnya pada bagian bokong, bokong akan terlihat lebih besar karena akan mempersiapkan untuk kelahiran bayi anda nantinya. Dada, paha, lengan dan bagian tangan juga akan membesar dikarenakan setiap bagian menyimpan energi. Hal inilah yang paling terlihat sebagai tanda-tanda dan ciri-ciri wanita hamil muda pada calon ibu.

  • Seringnya Buang Air Kecil

Pada saat mengalami masa kehamilan, posisi rahim dalam perut ibu akan menekan bagian kandung kemih, sehingga frekuensi untuk buang air kecil pun akan terjadi menjadi lebih sering. Selain itu wanita hamil biasanya juga merasa sering haus sehingga memaksa untuk lebih banyak minum air lebih banyak dari yang biasanya. Nah karena banyak air yang masuk dan tidak semuanya air dijadikan energi dan nutrisi sehingga sisanya akan dibuang lewat pembuangan.

  • Mudah Lelah

Calon ibu yang tengah hamil muda juga biasanya mengalami rasa mudah lelah, karena peningkatan hormon progesteron, menurunnya kadar gula dan juga tekanan darah dari ibu tersebut. Selain itu, tubuh ibu juga menjadi mudah lelah karena adanya mahluk baru di dalam tubuhnya. Untuk itu direkomendasikan untuk wanita hamil agar tidak melakukan kegiatan diluar batas kewajaran. Dan disarankan untuk lebih banyak beristirahat. Beristirahat selain menyehatkan pikiran juga untuk menyimpan energi untuk si buah hati anda.

  • Morning Sickness (Mual)

Ciri-ciri wanita hamil muda selanjutnya adalah mengalami morning sickness atau rasa mual, perasaan mual yang dirasakan oleh calon ibu biasanya terjadi pada saat memasuki masa trimester kedua dari proses kehamilan. Mula-mula hal tersebut biasanya terjadi karena penciuman ibu yang menjadi lebih sensitif. Kalau kebanyakan wanita yang hamil memang terlihat seperti mau muntah. Penciuman atas bau sesuatu juga meningkat dan bahkan bisa untuk membenci suatu bau tertentu. Karena bau atau perasaan enek ini membuat perut mual dan ingin muntah.

  • Telat Datang Bulan

Terlambat datang bulan, memang selalu menjadi ciri awal sebagai tanda kehamilan pada calon ibu. Namun tidak jarang pula biasanya hal tersebut terjadi karena kondisi calon ibu yang tengah mengalami stress, atau bahkan gangguan hormonal lainnya. Ini adalah ciri-ciri wanita hamil yang paling utama diantara tanda tanda wanita hamil.

  • Bercak Darah atau Flek

Munculnya bercak darah dalam proses kehamilan biasanya terjadi pada 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini sendiri muncul karena disebabkan oleh implantasi yaitu proses menempelnya embrio pada dinding rahim ibu.

Untuk yang belum bersuami biasanya bingung setelah mengetahui ciri-ciri bahwa dia telah hamil. Harus bagaimana dan mau gimana. Sedangkan untuk yang sudah bersuami tentu saja akan merasa senang dan bahagia serta akan mempersiapkan segala kebutuhan untuk merawat kehamilannya sampai kelahiran si jabang bayi. Lalu setiap bulannya menghitung usia kehamilannya untuk mempersiapkan kelahiran.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai acuan dan juga pengetahuan sebagai tanda-tanda dan ciri-ciri wanita hamil muda yang biasanya dirasakan oleh calon ibu. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda semuanya. Terima kasih.