17 Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

17 views

Manfaat Mandi Air Hangat Saat udara terasa dingin atau hujan sedang mengguyur, mandi akan terasa menjadi suatu aktivitas yang sangat berat untuk dilakukan, bukan begitu? Yah karena seperti itulah yang sering saya rasakan, bawaannya pengin langsung ke tempat tidur pakai selimut tebal, tidur deh! Apalagi pas hujan pasti kan terasa nikmat dan pules tidurnya.

Manfaat Mandi Air Hangat

Tapi masa iya begitu, jorok dong mau tidur tidak mandi dulu? Sebagai solusi untuk menghilangkan rasa malas mandi karena udara dingin atau alasan lainnya adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Selain akan menghangatkan dan menyegarkan tubuh, ternyata mandi air hangat juga punya banyak manfaat yang mungkin belum Anda ketahui selama ini.

Setidaknya ada 17 manfaat mandi air hangat yang akan saya bocorkan pada artikel kali ini. Apa saja itu? Mari segera kita simak pembahasannya berikut ini :

1. Membersihkan tubuh secara keseluruhan

Manfaat mandi air hangat yang pertama adalah dapat membersihkan tubuh secara menyeluruh. Karena air hangat ini akan membuat kotoran yang menempel pada tubuh kita menjadi mudah luntur dengan cepat. Selain itu mandi dengan air hangat juga akan membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan kotoran yang ada didalamnya. Disarankan setelah selesai mandi guyurlah tubuh beberapa kali dengan air dingin, hal ini bertujuan untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka tadi.

2. Melemaskan otot-otot yang tegang

Mandi air hangat juga sangat bermanfaat untuk melemaskan otot-otot yang tegang dan kaku. Cobalah saat melakukannya sambil memijat-mijat kaki, pundak atau lengan pasti akan terasa rileks. Apalagi jika mandi air hangat ini dilakukan dengan menggunakan pancuran, tentu tekanan yang dihasilkan dari pancuran yang mengalir akan memberikan pijatan pada tubuh. Jika mungkin di rumah Anda tidak ada pancuran air hangat cobalah untuk sesekali pergi ke tempat-tempat pemandian air panas, baik ditempat khusus maupun yang dari alam. Dan kebetulan salah satu tempat pemandian air panas alami yang pernah saya kunjungi adalah daerah pancuran 7 baturaden, air hangat yang dihasilkan dari alam benar-benar membuat tubuh rileks dan otot-otot yang tegang menjadi lemas kembali.

3. Melancarkan peredaran darah

Dengan berendam dalam air hangat bukan hanya otot-ototnya saja yang lemas, efek dari hal ini secara tidak langsung akan membuat peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar. Tentu dengan begitu akan berdampak sangat baik bagi kesehatan, karena peredaraan darah yang lancar akan membuat pasokan darah ke setiap organ tubuh menjadi terpenuhi.

4. Meredakan demam

Demam ini biasanya disebabkan karena kondisi cuaca yang tidak menentu, sehingga sistem kekebalan di dalam tubuh akan bereaksi. Untuk mengatasi deman ini salah satu caranya adalah dengan mandi air hangat. Air hangat nantinya akan bisa menstabilkan kembali suhu tubuh yang tidak menentu dan meredakan demam.

5. Menghilangkan stress

Setelah disibukan dengan berbagai pekerjaan selama sehari penuh tentu akan membuat otak atau pikiran menjadi stress. Salah satu cara menghilangkan stress ini adalah dengan mandi air hangat, cobalah lakukan dengan santai dan nikmati kehangatannya maka nanti pikiran akan menjadi lebih rileks dan santai, rasa stress pun hilang entah kemana.

6. Menyehatkan jantung

Diatas tadi sudah saya sebutkan bahwa mandi air hangat bisa melancarkan peredaran darah, efek dari lancarnya peredaran darah ini adalah akan membuat kerja jantung menjadi lancar dan tidak terhambat, karena sirkulasi darah yang berasal dari jantung dapat tersalur secara baik ke seluruh tubuh. Dengan kondisi seperti ini tentu saja akan membuat jantung tetap sehat dan berfungsi normal.

7. Tidur menjadi lebih nyaman & terhindar dari insomnia

Insomnia merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Jika kondisi ini berlangsung lama tentu akan bisa membahayakan kesehatan kita, yang ada badan akan terasa lemas dan kurang bergairah untuk melakukan apapun. Untuk menghindari terjadinya insomnia cara yang bisa dilakukan adalah dengan mandi menggunakan air hangat, karena cara ini akan membuat otot tubuh rileks sehingga tidur menjadi mudah, nyaman dan kita pun terhindar dari yang namanya sulit tidur atau insomnia.

8. Mengatasi sembelit atau sulit buang air besar

Sembelit adalah keadaan dimana pergerakan usus sedang tidak teratur, sehingga akan berakibat pada makin susahnya untuk buang air besar atau BAB. Ketika kita sedang sembelit atau sulit buang air besar biasanya otot perut akan menjadi tegang dan untuk mengatasi hal ini salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mandi air hangat, dengan cara ini diharapkan otot perut tidak lagi tegang dan buang air besarpun menjadi lancar.

9. Mengatasi wasir

Wasir ini timbul karena adanya pembuluh darah yang mengalami pembengkakan dan peradangan pada bagian rektum atau daerah dalam lubang anus. Akibatnya akan timbul rasa tidak nyaman, gatal bahkan sampai terjadi pendarahan. Dengan mandi air hangat dipercaya akan bermanfaat untuk meredakan rasa gatal dan ketidaknyamanan tersebut.

10. Mengatasi prostatitis

Tahukah Anda apa itu prostatitis? Prostatitis merupakan pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada kelenjar prostat, suatu kelenjar yang berfungsi untuk menghasilkan cairan pengangkut dan pemelihara sperma. Akibat dari terjadinya prostatitis adalah akan muncul rasa nyeri dan menyebabkan buang air kecil terasa sulit. Salah satu manfaat mandi air hangat yang bisa kita peroleh adalah dapat untuk meredakan rasa nyeri yang diakibatkan prostatitis ini.

11. Membersihkan luka episiotomi dan meredakan rasa nyeri di sekitar perineum

Ketika seorang ibu hamil menjalani proses persalinan, ada beberapa yang perlu dilakukan penyayatan pada bagian perineum-nya supaya mempermudah jalan keluar sang bayi. Setelah selesai bekas sayatan ini akan dijahit, supaya tidak terjadi infeksi maka bekas luka sayatan ini atau yang dikenal dengan luka episiotomi perlu dijaga kebersihan dan kekeringannya. Lalu apa manfaat mandi air hangat untuk luka episiotomi ini? Yaitu untuk membantu menjaga kebersihannya serta meredakan rasa gatal atau nyeri yang sering muncul di daerah perineum pasca persalinan.

12. Menghilangkankan rasa gatal pada area kewanitaan akibat infeksi jamur

Infeksi jamur yang terjadi pada area kewanitaan umumnya akan menyebabkan peradangan yang akan berujung pada munculnya berbagai masalah kewanitaan lainnya seperti keputihan, gatal ataupun iritasi. Dengan mandi menggunakan air hangat maka akan bermanfaat untuk meredakan rasa gatal yang timbul di area kewanitaan.

13. Menyembuhkan flu dan sakit kepala

Dengan mandi menggunakan air hangat, maka kita akan secara langsung menghirup uap hangat yang ada, dimana ini berfungsi sebagai dekongestan alami untuk mengatasi flu. Kita juga bisa sedikit menambahkan minyak kayu putih atau yang sejenisnya agar rileksasi yang dirasakan menjadi lebih kuat. Selain untuk flu air hangat yang telah dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih juga sangat berkhasiat untuk melawan dahak, sakit tenggorokan dan memperlancar sirkulasi darah yang akan membantu meringankan sakit kepala.

14. Menyembuhkan batuk

Mandi dengan air hangat ternyata juga dapat menyembuhkan batuk yang sedang melAnda. Karena ketika kita mandi air hangat uap-nya akan terhirup ke hidung dan hawa hangatnya dapat menghilangkan ingus atau dahak yang menyebabkan bantuk dan iritasi di tenggorokan.

15. Melembabkan kulit

Seperti yang sudah disebutkan pada manfaat nomor satu, bahwa dengan mandi air hangat akan membuat pori-pori terbuka dan menghilangkan kotoran pada tubuh. Karena hal ini tentu secara tidak langsung akan membuat kulit segar kembali, lembab dan kenyal.

16. Melepaskan racun

Ketika kita mandi dengan air hangat maka akan menyebabkan sirkulasi sistem getah bening menjadi meningkat yang akan menjadikan tubuh kita berkeringat dan mengeluarkan semua racun atau bakteri yang masih bersarang di kulit atau tubuh.

17. Meringankan penderita diabetes

Diabetes merupakan komplikasi yang terjadi dalam tubuh akibat dari adanya kenaikan kadar gula dalam darah. Umumnya penyakit diabetes ini terjadi akibat faktor keturunan atau ada anggota keluarga yang menderita diabetes. Air hangat dipercaya mampu untuk menurunkan dan menyeimbangkan kembali kadar gula dalam darah, sehingga dengan mandi air hangat tentu akan bisa meringankan atau bahkan menyembuhkan penyakit diabetes.

Nah ternyata banyak sekali manfaat mandi air hangat bukan? Namun tetap ada aturannya tidak boleh sembarangan agar semua manfaat tersebut benar-benar bisa kita rasakan. Karena kalau sampai salah langkah bukan manfaat yang didapat yang malah akan bisa berdampak buruk bagi tubuh, oleh karena itu sebelum mandi air hangat Anda perlu lakukan tips-tips berikut ini :

  • Gunakanlah air dengan suhu tidak terlalu panas, cek dulu dengan tangan apakah sudah pas dan terasa nyaman untuk digunakan mandi atau belum.
  • Usahakan untuk menyiram badan dengan air dingin terlebih dahulu sedikit demi sedikit, setelah itu baru dilanjutkan dengan menggunakan air hangat.
  • Hal penting yang harus Anda ingat adalah jangan pernah mandi air hangat setiap hari, karena jika dilakukan setiap hari akan berdampak pada kelembaban kulit dan menjadikannya kering.

Demikian tadi adalah pembahasan mengenai beberapa manfaat mandi air hangat yang perlu Anda ketahui, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat. Jangan lupa dishare yah, biar bukan hanya Anda yang tahu, tapi teman-teman Anda juga. Terima kasih!