Mitos Ibu Hamil Yang Paling Populer di Masyarakat Kita

42 views

Di masyarakat indonesia memang masih sangat kental dengan berbagai mitos-mitos aneh yang terkadang tidak masuk akal, dan salah satunya adalah terkait mitos ibu hamil. Sayangnya beberapa mitos ini berkembang ke arah mistis yang membuat sebagian besar wanita harus menelan ketakutan.

Padahal bila ditilik secara ilmiah, tak ada garis hubungan antara mitos dengan kenyataan yang terjadi. Hal ini mau tak mau membuat kita pun semakin terombang-ambing di antara kepercayaan terhadap mitos dengan pernyataan ilmiah yang jauh lebih masuk akal. Tapi bagaimanapun juga mitos pantangan ibu hamil ini sudah menjadi bagian dari para wanita hamil.

Mitos Ibu Hamil

Biasanya mitos-mitos ini muncul disaat anda sedang tidak bisa tidur, walaupun sebenarnya mungkin saja anda tidak bisa tidur karena posisi tidur anda tidak benar, untuk itu anda perlu mengetahui beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dan mana yang harus dihindari.

Untuk lebih jelasnya, ada beberapa mitos yang masih dipercayai dikalangan masyarakat kita. Di antara mitos-mitos tersebut, berikut adalah beberapa mitos yang paling populer terkait ibu hamil :

  • Wanita hamil dilarang keluar malam

Banyak pembicaraan yang menyebutkan bahwa wanita hamil yang keluar malam akan dihinggapi roh jahat. Hal ini tentu saja menjadi larangan mitos ibu hamil yang perlu ditelaah lebih lanjut. Keluar malam secara medis memang tidak baik bagi ibu hamil, karena tubuh akan mengendapkan karbondioksida (CO2) yang sangat berbahaya. Secara psikologis, ibu hamil jauh lebih sensitif sehingga sangat mudah mengalami ketakutan. Jadi, bukan karena roh jahat yang menghinggapi Anda.

  • Ibu hamil jangan membenci orang berlebihan

Mungkin mitos yang satu ini tidak masuk akal bagi kita, mengingat efek yang ditimbulkan. Mitos ini menyebutkan bahwa membenci orang berlebihan bisa membuat bayi yang dilahirkan mirip dengan orang tersebut. Sebenarnya mitos ini mengajarkan para wanita hamil kebaikan, dimana sang ibu tidak boleh membenci orang secara berlebihan. Sudah seharusnya para ibu bisa menjaga batin mereka dari penyakit hati yang merugikan.

  • Plasenta bayi harus dikuburkan

Berbeda dengan masyarakat modern yang menyimpan plasenta bayi di bank plasenta, masyarakat tradisional percaya bahwa plasenta bayi harus dikuburkan. Karena bersama plasenta tersebut akan dibawa sifat buruk atau saudara sang bayi yang tidak sempat terlahir ke dunia. Ada pula yang mengatakan bahwa menguburkannya akan membawa keberuntungan bagi bayi. Mitos ibu hamil ini sangat salah besar, karena tidak ada hubungannya antara plasenta dengan masa depan bayi Anda.

  • Wanita hamil tidak boleh berhubungan

Para wanita umumnya percaya bahwa melakukan hubungan saat hamil akan menyebabkan noda putih pada kepalanya. Nyatanya melakukan hubungan mendekati hari kelahiran malah dianjurkan oleh para dokter. Hal ini guna melancarkan jalan keluar sang bayi ketika melahirkan kelak. Meskipun demikian, memang ada baiknya jangan melakukan hubungan pada trisemester pertama. Ditakutkan mitos ibu hamil yang satu ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada sang ibu karena. Apalagi untuk masyarakat pedesaan masih banyak yang mempercayai hal tersebut, lain dengan wanita perkotaan yang sudah begitu modern.

Mempercayai mitos ibu hamil adalah syirik dan di dalam agama Islam adalah dosa besar. Sebaiknya anda janganlah percaya, selain mempengaruhi kandungan anda juga bisa membuat anda stress. Jadikan saja pengetahuan tentang mitos ibu hamil diatas sebagai angin lalu dan hanya sebagai bacaan hiburan saja.

Yang penting konsentrasi bagaimana cara merawat kehamilan yang baik dan benar dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat, meminum susu untuk ibu hamil yang sesuai, konsumsi sayur dan buah-buahan, serta melakukan senam hamil dan imunisasi ibu hamil. Sekali lagi jauhkan dari angan-angan anda tentang beberapa mitos ibu hamil tersebut.